Selasa, 11 November 2014

Keterampilan Menulis


1.     Pengertian menulis
          Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan huruf.

          Keterampilan menulis merupakan salah satu jenis keterampilan yang harus dikuasai siswa. Keterampilan menulis adalah keterampilan menuangkan ide, gagasan, perasaan dalam bentuk tulisan sehingga orang lain yang membaca dapat memahami isi tulisan tersebut dengan baik.

2.     Fungsi menulis
a.     Penulis dapat mengenali kemampuan dan potensi dirinya.
b.     Penulis dapat terlatih dalam mengembangkan berbagai gagasan.
c.      Penulis dapat lebih menyerap, mencari, serta menguasai informasi se-hubung dengan topik yang ditulis.
d.     Penulis dapat terlatih dalam mengorganisasikan gagasan secara sistematis serta mengungkapkan secara tersurat.
e.      Penulis dapat meninjau serta menilai gagasannya sendiri secara objektif.
f.       Dengan menulis sesuatu diatas kertas, penulis akan lebih mudah memecahkan permasalahan.
g.     Dengan menulis, penulis penulis terdorong untuk terus belajar secara aktif.
h.     Penulis menjadi penemu sekaligus pemecah masalah, bukan sekedar menjadi penyadap dari orang lain.
i.       Penulis jadi terbiasa berpikir serta berbahasa secara teratur dan tertib.

Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan fungsi dari menulis adalah sebagai alat komunikasi tidak langsung yang dapat menggali kemampuan seseorang tentang suatu topik dengan cara berlatih mengorganisasikan gagasan secara sistematis dan terencana agar dapat berbahasa dengan tertib dan teratur. Selain itu, menulis juga dapat membantu seseorang memperdalam daya tangkap dan membantu memecahkan masalah.

3.     Jenis tulisan
Menurut tujuan menulis sebagai berikut.
1)      Narasi yakni karangan/tulisan ekspositoris maupun imajinatif yang secara spesifik menyampaikan informasi tertentu berupa perbuatan/tindakan yang terjadi dalam suatu rangkaian waktu.
2)      Deskripsi yakni karangan/tulisan yang secara spesifik menyampaikan informasi tentang situasi dan kondisi suatu lingkungan (kebendaan ataupun kemanusiaan).
Penyampaiannya dilakukan secara objektif, apa adanya, dan terperinci.
3)      Ekposisi yakni karangan/tulisan yang secara spesifik menyampaikan informasi tentang sesuatu hal (faktual maupun konseptual). Penyampaiannya dilakukan dengan tujuan menjelaskan, menerangkan, dan menguraikan sesuatu hal sehingga pengetahuan pendengar/pembaca menjadi bertambah.
4)      Argumentatif yakni karangan/tulisan yang secara spesifik menyampaikan informasitentang sesuatu hal (faktual maupun konseptual). Penyampaiannya dilakukan dengan tujuan mempengaruhi, memperjelas, dan meyakinkan.
5)      Persuasif:karangan/tulisan yang secara spesifik menyampaikan informasi tentang sesuatu hal (faktual maupun konseptual). Penyampaiannya dilakukan dengan tujuan mempengaruhi, meyakinkan, dan mengajak

4.     Manfaat menulis
Manfaat menulis yaitu untuk mengetahui kemampuan diri dengan aktif berpikir dalam menungkan ide dan gagasan kedalam suatu tulisan, menambah wawasan dan informasi, menumbuhkan keberanian dan kreatifitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar