Senin, 03 November 2014

KETERAMPILAN MEMBACA



1.      Pengertian Membaca
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan dan digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan atau informasi yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media tulisan.Seperti memahami isi, ide atau gagasan dalam bahan bacaan.

2.      Tujuan Membaca
Tujuan membaca adalah mendapatkan informasi, memperoleh pemahaman, memperoleh kesenangan, memperoleh informasi faktual, mengisi waktu luang.

3.      Jenis-Jenis Membaca
Dari segi pelaksanaannya, membaca dikelompokkan menjadi dua, yakni membaca nyaring dan membaca dalam hati atau membaca sunyi.
·         Membaca nyaring
Membaca nyaring merupakan proses membaca yang diucapkan dengan suara lantang, dengan intonasi dan jeda yang tepat, sangat memperhatikan tanda baca dan dilaksanakan dengan lancar agar mudah ditangkap oleh pendengar dan penyimak. Membaca nyaring atau membaca bersuara terdiri atas membaca teknik dan membaca estetik.Membaca teknik  merupakan membaca yang mementingkan kebenaran pelafalan serta meningkatkan tingkat pemahaman pembaca terhadap materi-materi ilmiah. Sedangkan membaca estetik merupakan kegiatan membaca yang berorientasi pada ketajaman perasaan menikmati keindahan karya sastra.
·         Membaca dalam hati
Membaca dalam hati adalah membaca yang dilakukan dalam batin saja, mata atau pandangan kita menyusuri untaian kata dari kiri ke kanan (untuk huruf latin, huruf arab sebaliknya), dari atas ke bawah, tanpa mulut berkomat kamit. Membaca dalam hati bersifat personal, karena manfaat langsungnya hanya bisa dinikmati oleh sang pembaca. Membaca dalam hati terdiri atas membaca intensif, membaca ekstensif, membaca kritis, membaca kreatif, membaca cepat dan membaca apresiatif.

Membaca intensif yaitu program kegiatan membaca yang dilakukan secara saksama.Program membaca intensif ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan dan mengasah kemampuan membaca secara kritis.
Membaca ekstensifmerupakan membaca yang dilakukan secara luas.Program membaca ini sangat besar manfaatnya dalam memberikan aneka pengalaman yang sangat luas kepada para siswa yang mengikutinya.
Membaca kritis adalah jenis membaca yang dilakukan secara bijaksana, sepenuh hati, mendalam, evaluatif, analisis dan tidak hanya untuk mencari kesalahan.
Membaca kreatifmerupakan proses membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan baru yang terdapat dalam bacaan dengan mengidentifikasi ide-ide yang menonjol atau mengkombinasikan pengetahuan yang sebelumnya pernah didapatkan.
Membaca cepat yaitu kegiatan membaca yang dilaksanakan dengan menggunakan jumlah buku dan bacaan yang cukup banyak, dalam waktu yang singkat dengan pemahaman yang tepat. Cara pembacaan dilakukan dari atas ke bawah, dengan kecepatan 300-350-400 kata per menit.
Membaca apresiatif yaitu kegiatan membaca yang mementingkan penghayatan, kemampuan merasakan keindahan naskah dan bisa menghargai keberadaan ide-ide dalam teks.
4.      Manfaat membaca
Manfaat dari membaca adalah :
·         Membaca menghilangkan kecemasan dan kegundahan.
·         Ketika sibuk membaca, sesorang terhalang masuk dalam kebodohan.
·         Dengan sering membaca, seseorang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam bertutur kata.
·         Membaca membatu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir.
·         Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan meningkatkan memori dan pemahaman.
·         Dengan sering membaca, seseorang dapat mengambil manfaat dari pengalama orang lain, seperti mencontoh kearifan orang bijaksanan dan kecerdasan para sarjana.
·         Dengan sering membaca, seseorang dapat mengembangkan kemampuannya baik untuk mendapat dan merespon ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari disiplin ilmu dan aplikasi di dalam hidup.
·         Keyakinan seseorang akan bertambah ketika dia membaca buku - buku keagaman. Buku itu adalah penyampai ceramah terbaik dan ia mempunyai pengaruh kuat untuk menuntun seseorang menuju kebaikan dan menjauhkan dari kejahatan.
·         Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan menyelamatkan waktunya agar tidak sia-sia.
·         Dengan sering membaca, seseorang bisa menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat, lebihlanjut lagi ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk memahami apa yang tertulis “di antara baris demi baris” (memahami apa yang tersirat).
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar