Jumat, 17 Oktober 2014


Contoh Wacana Berdasarkan Tujuannya

A.   Narasi

       Desember 2011, pukul 16.00 saya sepulang sekolah mengerjakan tugas.Ayah saya pulang kerja lebih dulu dari ibu. Ayah  bertanya “ mana ibu?” lalu saya menjawab “belum pulang”. 15 menit kemudian ayah pun bertanya lagi dengan pertanyaan yang sama berulang kali. Saya pun bingung. Tapi dengan sabar saya tetap menjawab pertanyaan nya walaupun berulang kali.
       Ke esokan pagi nya, Ayah hari ini tidak masuk kerja karena kepala ayah sakit. Saya mengganggap itu biasa. Pukul 15.00 kami makan siang di rumah, kejadian aneh terulang lagi. Setelah 30 menit berlalu ayah saya minta di buatkan makanan lagi, padahal ayah sudah makan. Saya pun heran kenapa ayah begitu berbeda. Lalu saya pun bercerita dengan ibu tentang kejadian itu.
       Satu bulan berlalu, ayah terlihat begitu berbeda. Ibu membawa ayah ke rumah sakit. Hasil lab keluar, dengan mata kerkaca – kaca  ibu saya bercerita ternyata ayah saya mempunyai penyakit kanker otak. Saya pun terdiam, di dalam kepala saya tidak terlintas sedikitpun mengerti dengan penyakit kanker. Dokter memberi keputusan untuk periksa ke rumah sakit di Surabaya. Persiapan keberangkatan sudah siap. Setelah melakukan MRI di Surabaya hasil nya pun tetap sama positif kanker. Dokter pun menyarankan untuk melakukan operasi. Namun ayah saya tidak mau.
       Saya bingung apa yang harus saya lakukan. Seiring berjalan nya waktu, ayah saya tidak bisa seperti normal, tidak bisa bergerak dan bicara. Ibu tak pernah putus asa membawa ayah berobat kemana – mana. Selama 6 bulan ayah menahan rasa sakit itu. Di bulan juli 2012 ketika itu saya sedang memberi makan ayah. Namun saya melihat mata ayah naik ke atas. Saya langsung menghubungi ibu dan ayah pun langsung di bawa ke rumah sakit.
       Selama 3 hari ayah saya koma. Terdengar suara alunan surah Yasin di dalam ruangan. Tepat pukul 17.45 ayah saya menghembuskan nafas terakhir. Saya hanya bisa pasrah. Saya hanya minta satu permintaan agar di surga nanti hilang semua rasa sakit yang selama ini di derita ayah. Selamat tinggal ayah, Allah pasti memberikan hikmah di balik semua ini.

B.   Eksposisi
Lidah buaya adalah tanaman tropis sukuler yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Tanaman ini juga kadang di kenal dengan Aleo vera atau yang memiliki nama latin Aloe Barbadensis Milleer. Daun ini memiliki banyak manfaat baik sebagai obat maupun untuk kosmetik. Lidah buaya mengandung lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan hebal. Zat-zat tersebut termasuk: enzim yang membantu pencernaan dan mengurangi peradangan, semua jenis vitamin kecuali viamin D, mineral yang di perlukan untuk fungsi enzim, gula rantai panjang untuk menyeimbangkan kembali sistem pencernaan, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba, dua puluh dari dua puluh dua jenis asam amino. Juga memiliki banyak sekali zat yang di perlukan tubuh yakni sekitar 72 zat, yaitu : karbohidrat, lemak, air, mineral, hormon, dan zat golongan obat. Di antaranya antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadngan, antipembengkakan, antiprkinson, antiaterosklerosis, serta anti virus yang resisten terhadap antibiotik.
Adapun khasiat lidah buaya pertama sebagai oksidan yaitu dimana anti oksidan berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu mencegah penyakit degeneratif. Kedua sebagai antiinflamasi yaitu  dapat membantu mengatasi luka bakar, digigit serangga atau masalah pencernaan. Juga sebagai anti radang, obat pencahar, parasitisie, memperbaiki pankreas, megatasi tekanan darah tinggi, mengobati asama, mengobati batuk, mengobai sakit perut, dan menyuburkan rambut. Cara penggunaannya cukup dengan 200 gram daun lidah buaya segar dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin diminum 3 kali sehari pada pagi, siang dan malam hari.

C.   Deskripsi

Rani baru saja pindah kerumah barunya. Rumah yang berdesain modern, berwarna putih, dan bertingkat 3 itu terlihat sangat mewah, disamping kirinya terdapat kolam renang dengan air yang sangat jernih. Di samping kanannya ada taman. Taman itu ditumbuhi oleh bunga-bunga bermekaran dan berwarna-warni, dalam rumah saja sudah tercium bau semerbak bunga.
Kamar Rani terletak di lantai 2. Disamping kamarnya adalah kamar ayah dan ibunya, dengan pintu berwarna coklat. Sedangkan pintu kamar Rani sendiri berwarna merah muda termasuk juga dengan dinding kamarnya. Kamar Rani sangat indah dan bagus. Sebuah tempat tidur dengan kasur,bantal, guling, dan selimut bermotif bunga, berada disebelah utara. Kemudian satu cermin berbentuk oval besar tergantung di selatan dan disamping cermin itu terdapat televisi. Dikamar itu juga terdapat lemari besar berwarna putih, berdiri kokoh di samping pintu kamar

D.  Persuasi

Kabut yang terjadi di Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah menjadi masalah utama sekarang bagi masyarakat. Daerah yang sangat berkabut di antaranya : Banjarbaru, Banjarmasin, Palangkaraya,Kapuas, Sampit dan banyak lagi. Sebenarnya hal ini terjadi karena musim kemarau dan cuaca yang ekstrim akibatnya lahan-lahan gambut dan hutan-hutan mudah terbakar, kurang cepat dan efektifnya pemadaman api. Pada saat kabut asap sudah cukup tebal masih banyak juga masyarakat yang belum sadar terhadap apa yang dilakukannya seperti membakar sampah, membakar ikan dengan asap yang cukup banyak, polusi yang berlebihan seperti motor dan mobil yang asap knalpotnya juga cukup banyak, asap-asap dari perusahaan dan lain-lain. Hal tersebut dapat mempertebal kabut asap yang terjadi diwilayah kita. Saat ini kabut asap semakin tebal, sehingga jarak pandangan hanya berkisar antara 200-300M.
Saat terjadi kabut asap udara yang dihirup oleh masyarakat sangat buruk, udara yang dihirup bukan lagi udara segar tapi udara yang sangat kotor karena sudah tercampur dengan asap yang bau. Akibatnya banyak sekali masyarakat yang menderita penyakit terutama pada bagian pernapasan atau infeksi pernapasan seperti penyakit paru-paru, batuk-batuk dan banyak lagi. Oleh karena itu, jagalah kesehatan kalian dengan memakai masker pada saat keluar rumah, setidaknya kalian tidak menghirup udara yang kotor, dan mencegah terserang penyakit pada bagian pernapasan , serta hindari membakar sampah agar tidak mempertebal kabut asap yang terjadi di wilayah kita

E.   Argumentasi

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang dapat diperbarui dan SDA tak dapat diperbarui. SDA yang dapat diperbarui adalah kekayaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak diekploitasi secara berlebihan. Sedangkan SDA yang tak dapat dipebaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas karena penggunaanya lebih cepat dari pada proses pembentukannya dan apabila digunakan secara terus menerus akan cepat habis.
Kalau kita lihat miris sekali keadaan SDA Indonesia saat ini. Dulu Indonesia pada SDAnya dapat mengimpor hasil bidang pertanian/beras, buah-buahan, dan sebagainya kenegara sebelah. Kini malah sebaliknya, hal itu disebabkan oleh berkurangnya lahan-lahan pertanian maupun perkebunan dikarenakan sebagian lahan itu dibangun gedung-gedung yang tak berguna sebagai investasi dari negara asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar